Alternatif Fotografi Makro

Berikut adalah beberapa alternatif dalam menghasilkan fotografi makro tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli lensa khusus untuk fotografi makro.

1. Reverse Ring

Image
Tehnik ini adalah dengan membalik posisi lensa. Reverse ring adalah alat yang dipasang pada dudukan lensa kamera  lalu ujung lensa bagian depan dipasangkan ke reverse ring tersebut, sehingga lensa bagian belakang menjadi mengarah ke objek.  Pada saat ini kamera akan akan kehilangan kontak listrik dengan lensa. Jadi fungsi auto fokus dan pengaturan aperture akan hilang. Kamera harus diset pada Mode manual. Kekurangan paling utama dari tehnik ini adalah kemungkinan terpaparnya bagian belakang lensa terhadap debu dan benturan. Juga karena bagian depan lensa dibalik, titik tumpu lensa menjadi terpusat di bagian depan lensa sehingga dapat merusak lensa untuk penggunaan dalam jangka panjang.
Harga: antara Rp 60 – > rb.

2. Extension Tube

Image
Tehnik ini adalah dengan menambah jarak lensa dari sensor kamera sehingga jarak fokus ke objek menjadi bertamabah.
Extension Tube adalah alat yang dipasang pada dudukan lensa kamera lalu bagian belakang lensa dipasang ke dudukan Extension Tube, jadi lensa tetap pada posisinya hanya saja sekarang menjadi menjauh dari sensor. Biasanya berupa satu set yang terdiri dari tiga ukuran panjang yaitu, 12 mm, 20/25 mm dan 36 mm. Bisa dipasang hanya salah satu atau ketiganya sekaligus untuk menambah pembesaran gambar. Jenis Extension Tube ada yang memiliki kontak elektrik, memungkinkan fungsi autofocus pengaturan aperture pedapat berfungsi. Sedangkan untuk yang tidak memiliki kontak elektrik, fungsi auto fokus dan pengaturan aperture akan hilang. Kamera harus diset pada Mode manual. Mode ini lebih aman dibandingkan dengan reverse ring dikarenakan tidak merubah dudukan lensa.
Harga: antara Rp 150 – > rb.

3. Close-Up Lens (Diopter)

Image
Tehnik ini adalah dengan memasang Close-up Lense dibagian depan lensa seperti memasang lensa filter. Pada dasarnya Close-up Lens adalah kaca pembesar yang dipasang antara lensa dengan objek. Close-Up Lense memiliki nilai pembesaran dari +2 hingga +5. Semua fungsi pengaturan kamera tetap berjalan dikarenakan pemasangan Close-Up Lens tidak menghalangi koneksi kamera dengan lensa. Penggunaan stacking close-up lens juga dimungkinkan.
Harga: antara Rp 150 – > rb.

4. Bellows

Image
Tehnik ini adalah yang paling ekstrem dari sebelumnya. Pembesarannya bisa mencapai 3:1 (lebih?). Dimana lensa khusus macro rata-rata hanya memiliki rasio pembesaran 1:1. Prinsip kerjanya mirip dengan extension tube, dimana posisi lensa dengan sensor kamera bisa diatur menjauh atau mendekat berkat adanya jalur rel untuk menggerakan lensa. Kekurangannya terletak pada bentuknya yang kurang ideal untuk pemotretan di luar ruang.
Harga: antara Rp 700 – > rb.

5. Membalik Lensa
Tehnik ini sama dengan tehnik reverse ring hanya saja tanpa menggunakan alat tambahan sama sekali. Hanya dengan membalik lensa, selanjutnya tangan yang memegang lensa. Tehnik ini membutuhkan kesabaran yang lumayan tinggi, dikarenakan lensa harus terus menerus dipegang sehingga menyebabkan posisi lensa tidak stabil. Kehati-hatian adalah keharusan jika tidak ingin lensa terjatuh. Ditambah dengan tidak berfungsinya autofokus dan aperture jadi semuanya mengandalkan manual dan kejelian mata. Sangat tidak dianjurkan. Tapi saya penasaran untuk mencobanya. Hasilnya? lumayan untuk fotografi makro pemula.

Berikut hasilnya:
Kamera : Nikon D3200
Lensa   : Tamron 18-200 mm / f 3.5-6.3

Image

F Length : 18 mm, F Point : 3.5

Image

F Length : 200 mm, F Point : 6.3

Image

Reversed Lens = F Length : n/a, F Point : n/a

Image

Reversed Lens = F Length : n/a, F Point : n/a

Image

F Length : 200 mm, F Point : 8

Image

Reversed Lens = F Length : n/a, F Point : n/a

Image

Reversed Lens = F Length : n/a, F Point : n/a.                                                                                                 ** warna kemerahan akibat lensa tidak menutup sempurna pada dudukan kamera.

Image

Reversed Lens = F Length : n/a, F Point : n/a.

2 thoughts on “Alternatif Fotografi Makro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s