Mengatasi Masalah Start-Up WindowsXP

Jika WindowsXP terhenti pada proses start-up/booting, kemungkinan besar penyebabnya dikarenakan adanya kerusakan Master Boot Record (biasanya ditandai dengan munculnya pesan “Verifying DMI Pool Data”), Boot Sector atau hilangnya file-file penting yang dibutuhkan untuk proses booting yaitu: ntldr.exe, ndetect.com dan boot.ini (biasanya ditandai dengan munculnya pesan NTLDR cannot be loaded’.. atau missing ntdlr).

Untuk kasus kerusakan pada Master Boot Record dapat diperbaiki dengan cara melakukan booting dari CD instalasi WindowsXP dan menjalankan restore-console dalam Setup. Setelah itu lalu mengetikkan perintah “fixmbr” (tanpa tanda kutip) dan tekan enter. Lalu dilanjutkan dengan mengetikkan perintah “fixboot c:” (c: adalah drive tempat windows berada) untuk memperbaiki boot sector.

Sedangkan pada kasus kedua untuk mengembalikan file-file yang rusak atau hilang di atas, masih dengan cara booting dari CD instalasi WindowsXP dan menjalankan restore-console dalam Setup:

  • Untuk file ntdlr.exe ketik “copy d:\i386\ntdlr C:\” (d: adalah drive cd dan c: adalah partisi windowsXP)
  • Untuk file ndetect.com ketik “copy d:\i386\ndetect C:\”
  • Untuk file boot.ini ketik “bootcfg /rebuild”

Selamat mencoba!.

2 thoughts on “Mengatasi Masalah Start-Up WindowsXP

  1. Mas, PC sy mengalami msh spt yg Mas tulis di atas tiap kali booting tdk bs msk windows dan ada tulisan ‘Verifying DMI Pool Data’.
    Namun ktka sy mau booting lwt CD XP tu tdk bs tu Mas, solusi yg lainya ada tdk?
    trm ksh.

    • Coba tekan F8 pada saat booting awal (setelah inisialisasi BIOS langsung tekan F8) akan muncul beberapa option untuk booting. Coba dengan safe mode terlebih dahulu. Jika windows dapat terbuka berarti permasalahannya bukan terletak kasus seperti artikel di atas, tapi kemungkinan adanya program atau driver yang bermasalah, bisa juga disebabkan oleh virus.

      Sedangkan untuk melakukan booting dengan cd Instalasi XP, rubah dulu urutan drive untuk boot pertamakali di dalam BIOS yaitu drive CD/DVD lalu simpan settingan BIOS tsb. Setelah itu jalankan pc, pada saat muncul tulisan hit any key to boot from cd, tekan enter dan tunggu hingga proses inisialisasi setup selesai. Pilih option restore-console untuk memperbaiki secara manual seperti tulisan di atas atau jika tidak ingin bersusah-susah timpa ulang saja windows yang sudah ada dengan menekan enter di partisi windows sebelumnya. Biarkan proses setup berjalan hingga selesai. Setelah selesai keluarkan cd instalasi dan restart PC kembali. semoga berhasil.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s