Mengatasi Rasa Gatal pada Dubur Anak

Rasa gatal pada dubur sering kali membuat sang anak menjadi rewel dan tidak nyaman. Baik pada usia balita atau anak-anak bahkan pada orang dewasa sekalipun. Ada beberapa penyebab timbulnya rasa gatal tersebut diantaranya adalah kurang bersih pada saat membasuh dubur sehabis buang air besar dan yang lainnya adalah  gejala cacingan, pada kasus ini penyebabnya adalah aktifitas cacing Kremi sedang menaruh telurnya di daerah sekitar anus.

Tindakan awal yang dapat dilakukan jika rasa gatal tersebut muncul adalah dengan membasuh bagian dubur dengan Alkohol. Untuk mengurangi rasa perih pada balita atau anak-anak, bisa dicampur dengan air atau jika tersedia tissue yang biasa digunakan untuk membersihkan galon air mineral juga dapat digunakan. Akan terasa perih untuk beberapa saat setelah itu rasa gatal akan hilang. Namun jika rasa gatal terus berulang, sebaiknya pemeriksaan medis dilakukan.

Untuk pencegahan, pastikan membasuh bagian dubur dengan bersih setelah buang air besar, akan lebih baik jika menggunakan sabun antiseptik sehingga tidak menyisakan kuman/bakteri. Untuk kasus cacingan, minumlah obat cacing secara teratur untuk memotong siklus cacing di dalam tubuh.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s