File Sampah WinXP

Pernahkah saat tertentu PC anda berjalan lebih lambat bahkan sangat lambat, padahal dengan spesifikasi PC yang anda miliki, seharusnya system dapat berjalan lebih cepat. Penyebabnya bisa bermacam, mulai dari virus, settingan hardware/software yang tidak optimal, adanya kerusakan hardware/software dan lain-lain.

Salah satu penyebab lainnya adalah kinerja harddisk anda sudah terganggu disebabkan banyaknya file sampah yang memenuhi harddisk. Beberapa program (office, grafis dll.) bahkan windows sendiri kerap membuat file temporary pada saat melakukan proses komputasi, file tersebut biasanya berekstensi .tmp. Web browser juga salah satu penghasil file sampah yang sangat produktif pada saat tengah berselancar. File yang dihasilkan adalah file cookies, tmp, dan htm.

File-file tersebut kebanyakan memang berukuran kecil yaitu di bawah 1 MB, bahkan ada yang hanya berukuran 1 KB. Namun jika dalam waktu lama terus menerus menumpuk, jumlahnya bisa ribuan. Pernah kawan saya mengeluhkan betapa lambatnya laptop yang ia miliki, padahal laptop tersebut masih terhitung model baru dengan prossesor core2 duo. Setelah saya lihat, ternyata file sampah di dalam harddisk sudah memakan tempat hampir 5 GB! jadi selama setahun telah terkumpul sedemikian banyaknya. Efek buruknya adalah terjadinya fragmentasi pada harddisk membuat performa harddisk menurun drastis yang pada akhirnya mengganggu kinerja sistem secara keseluruhan.

Untuk menghapus file-file sampah tersebut, dapat menggunakan software khusus atau utility dari windows sendiri. Namun pada beberapa kasus hasilnya kurang memuaskan. Untuk itu melakukan pembersihan secara manual sepertinya lebih optimal selain gratis tentunya. Ada beberapa lokasi/folder yang perlu diketahui untuk menemukan file-file sampah tersebut, yaitu:

  1. c:\Document and Setting\User\Local Settings\temp Untuk masuk ke folder ini, telebih dahulu rubah settingan pada Hiden files and Folder dalam Folder Option. Dari Do not show hidden files anda folders menjadi Show hidden files and folders.
  2. c:\Document and Setting\User\Local Settings\Temporary Internet Files
  3. c:\TEMP
  4. c:\windows\temp

Hapus secara permanen semua isi folder tersebut di atas tapi jangan foldernya :(). Setelah itu jalankan program atau utility Defragmenter untuk merapikan kembali isi harddisk. Restart dan rasakan perbedaanya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s