Mempersingkat waktu loading/start OpenOffice.org

Kekurangan yang paling dirasakan bagi pengguna OpenOfice.org (OOo) adalah waktu loading yang cukup lama sekalipun komputer telah memiliki konfigurasi hardware yang tinggi. Selebihnya OOo merupakan alternatif  Office Suite terbaik selain MS Office dan gratis pula tentunya.

Sebenarnya jika diperhatikan,  masalah di atas bukanlah kekurangan dari OOo, tetapi lebih merupakan pre-caution yang dilakukan oleh OOo. Yaitu dengan asumsi tidak semua komputer memiliki spec hardware yang tinggi, terutama RAM. Maka OOo membatasi penggunaan RAM seminimal mungkin agar system secara keseluruhan dapat berjalan stabil pada saat OOo dijalankan. Setting default penggunaan RAM tersebut terletak di dalam OOo Writer.

Maka Untuk merubah setting default dari OOo agar waktu loading/start menjadi lebih cepat,  pertama jalankan Writer lalu klik “Tools | Options | OpenOffice.org | Memory”. Sampai di bagian ‘Graphics cache’, ganti nilai ‘Use for OpenOffice. org’ dan ‘Memory per Object’ dengan nilai yang lebih besar tergantung ketersediaan RAM yang dimiliki, misalnya dari 9 menjadi 256 MB dan 2,4 menjadi 64 MB jika RAM yang tersedia cukup besar. Jika perlu aktifkan juga option OOo Quickstarter dengan mencentang Load OOo during system start-up. Setelah itu keluar dan jalankan kembali untuk pengujian.

ooo option

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s