Antara GPEDIT dan RegEdit pada Windows XP

Untuk mengoptimalkan kinerja dari Win XP dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan menggunakan program pihak ketiga yang tersedia banyak sekali mulai dari yang gratisan hingga komersil. Namun sebenarnya Windows sendiri telah menyediakan fasilitas untuk mengakomodasi pengaturan system agar menjadi lebih optimal. Disini saya hanya akan membahasnya secara garis besar nya saja sesuai dengan pemahaman saya sendiri yang masih terhitung pemula. Jadi mohon maklum.

Salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas GPEDIT.MSC (Group Policy). Dimana pengguna dapat merubah berbagai macam setting-an yang di kehendaki untuk tujuan tertentu.

gpedit

Misalnya untuk menghentikan proses Autoplay yang muncul setiap kali user memasukkan media penyimpanan semisal CD/DVD disk, memory card dsb. Dan tidak menutup kemungkinan ikut ter-loading-nya virus tertentu ke dalam system yang berasal dari media penyimpanan tersebut.

autoplay

Untuk mematikan fungsi Autoplay tersebut, maka user cukup mengetikkan GPEDIT.MSC pada menu Run. Setelah terbuka maka masuk ke menu User Configuration > Administrative Templates > System lalu cari Setting Turn off Autoplay kemudian ubah State menjadi Enable. Maka selanjutnya setaip kali user meng-insert media penyimpanan apa saja, Windows tidak akan menampilkan dialog Autoplay. Dan masih banyak lagi settingan lainya yang dapat dirubah sesuai kebutuhan.

gpedit autoplay

Lalu fasilitas lainnya adalah dengan menggunakan utility yang bernama RegEdit (Registry Editor).

Perbedaan mendasar antara GPEDIT dengan RegEdit adalah GPEDIT jauh lebih mudah dimengerti dikarenakan interfacenya lebih “user friendly” dimana semua setting yang kita kehendaki sudah tersedia. Yang kita lakukan hanyalah memilih option Not Configured, Enabled atau Disabled. Jadi user awam sekalipun dapat menggunakannya selama memahami apa yang akan dilakukannya. Sedangkan pada regedit semua setting windows di munculkan dalam bentuk key dan subkey dan nilai yang harus diisi adalah berbentuk String Value, Binary Value, DWORD Value, Multi-String Value, atau Expandable String Value. Jadi untuk pemula sangat tidak disarankan merubah nilai setting registry tanpa pengetahuan yang memadai. Karena salah-salah akan membuat Windows menjadi anda crashed!! gunakan RegEdit hanya jika kita telah mendapatkan key beserta value yang tepat dari sumber yang terpercaya.

 

One thought on “Antara GPEDIT dan RegEdit pada Windows XP

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s