MERUBAH HALAMAN WEB MENJADI BITMAP

Seringkali kita menyimpan banyak halaman web untuk dilihat kemudian secara offline. Biasanya disimpan dalam format .htm atau .mht, dimana pada format htm halaman web akan disimpan berikut semua elemen yang terkait dengan halaman tersebut. Jadi misalkan kita menyimpan halaman tes.htm dari web di drive c:, maka

akan terbentuk C:\tes.htm plus folder c:\tes, dimana folder tes menyimpan berbagai elemen yang terkait dengan halaman tes.htm baik berupa link dalam bentuk image, lay out page (file .css), script, flash dan lain-lain. Sedangkan pada format mht halaman web akan disimpan sebagai satu file tanpa folder tambahan dimana didalamnya semua elemen sudah di-embed.

Lalu bagaimana jika kita ingin menyimpan halaman web tersebut menjadi sebuah file bitmap? jawabannya adalah bisa! yaitu dengan menggunakan program capture HyperSnap. Selain itu HyperSnap juga dapat melakukan tugas scanning dan image editing sederhana. HyperSnap dapat meng-capture suatu halaman web  penuh berapapun panjangnya dan merubahnya kedalam berbagai format file bitmap seperti jpg,bmp,tif, gif dan banyak lagi.

Berikut cara meng-capture halaman web:

  1. Pertama jalankan program HyperSnap terlebih dahulu
  2. Aktifkan tombol Activate Hot Keys
  3. Buka browser
  4. Masuk ke alamat yang dikehendaki
  5. Pindah ke program HyperSnap, tekan tombol Auto-Scroll Region (shortcut Ctrl+Shift+S pada saat di browser)
  6. Klik area di dalam halaman web tersebut satu kali saja tetapi jangan di bagian scroll bar. Hypersnap akan mengcapture seluruh halaman web secara utuh.
  7. Apabila hanya area tertentu yang hendak dicapture, misalkan bagian kiri dan kanan halaman web dianggap terlalu lebar, tekan shortcut Ctrl+Shift+G lalu pilih area yang dikehendaki, tidak perlu hingga ke bawah cukup dari kiri ke kanan secukupnya. Lalu klik tanda panah yang mengarah ke bawah pada scrollbar. Selanjutnya halaman akan dicapture memanjang kebawah dan lebar akan disesuaikan sesuai area yang telah ditentukan.
  8. Setelah terdengar suara click seperti shutter kamera, pindah ke program Hypersnap
  9. Simpan ke format image yang dikehendaki. Selesai

Perlu diingat, pada tahap ini, proses copy and paste materi dari file hasil capture sudah tidak dapat dilakukan lagi. Semua content yang ada telah dikonversi  menjadi pixel atau raster (flatten). Jadi hanya bisa di-view saja.

Jika menemui kesulitan melihat isi dari hasil capture tadi, jangan menggunakan program image viewer bawaan windows, tetapi gunakanlah program browser gunakan tombol panah pada keyboard untuk navigasi. Selamat mencoba!.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s